Belize Apresiasi Pelatihan Kerajinan Tempurung Kelapa Indonesia

By Admin


nusakini.com-Belize-Kementerian Luar Negeri RI bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri Belize dan didukung oleh KBRI Mexico City telah menyelenggarakan kegiatan “Coconut Shell Craft Training in Contributing to the Global SDGs Agenda" di Belize City, Belize, pekan lalu.

Pelatihan dimaksudkan untuk memperkenalkan kepada masyarakat Belize manfaat tempurung kelapa khususnya pembuatan kerajinan tangan dalam berbagai bentuk dan kreasi produk yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Pelatihan juga sejalan dengan upaya Indonesia untuk turut berkontribusi bagi pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dalam kerangka Kerjasama Selatan-Selatan. 

Selama 5 hari para peserta mendapatkan teori dan kegiatan praktek yang dibimbing langsung oleh dua tenaga ahli dari Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) Yogyakarta. Pada akhir program, para peserta telah menghasilkan berbagai produk seperti meja, bingkai cermin, nampan, ornamen hewan, teko set dan mangkuk yang dibuat dari tempurung kelapa yang mendapat apresiasi yang tinggi dari Kementerian Luar Negeri Belize serta Institute of Technical Vocational Education and Training (ITVET). (p/ab)